Jumat, 16 Juli 2010

Jago Naik Motor

Oleh Nanang Fitrianto

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hi bro! bagi lo yang sering naik motor pasti mantep nih y bisa nyelos-nyelos gitu. Motormu berjalan seperti aliran air yang g terhambat dan waktulo jadi hemat. Cieee!

Gw cuma nulis-nulis pengalaman gw selama naik motor dan hasilnya gw bisa mengalir kaya air naik motornya. Gw sering pertama di jalan sebelum artikel ini dikeluarkan. Gw pengen kasih tau aja tips-tipsnya bagi yang membutuhkan.

Dasar-dasar

1) Space Trick
Trick ini dipakai untuk anda berkendara di antara 2 mobil. Misalnya, anda sedang berada di alur kiri dan di depan anda ada mobil yang sealur dengan anda. Di alur kanan ada mobil, tapi masih agak jauh. Anda memperkirakan mobil ke dua mobil ini akan sejajar di satu waktu dan anda ingin melewati keduanya di tengah2nya.

Yang anda pertimbangkan adalah lebar jalan dan keadaan psikologis orang yang mengendarai 2 mobil ini. Jalan yang cukup besar dan lebar tidak akan penuhkan jika diisi 2 mobil? Jika 2 mobil itu berada di paling pinggir, mobil 1-nya di paling pinggir kiri, dan satunya lagi di paling pinggir kanan. Jadi, ada sisa di tengah2nya kan? Iya, yang kita lewati adalah di tengah-tengahnya yang kosong. Yang kita lakukan adalah membuat kedua mobil ini agak minggir dengan cara gas dikit-dikit, jangan langsung digas kenceng ke tengah2 untuk memberi sinyal pada kedua mobil untuk minggir karena mobil itu pun punya sisi sampingnya yang kosong. Lalu anda tersenyum agar psikologis kita yang senang dapat tersalurkan ke kedua mobil itu, minimal anda jadi PD untuk bisa melewati kedua mobil itu. Mata kita pun melirik sedikit ke kanan untuk memberi sinyal pada mobil yang di arah berlawanan (di Indonesia di kanan biasanya).

Jika mobil yang sealur dengan kita sudah agak minggir, berarti tinggal yang di alur berlawanan. Kita dengan cara di atas menyuruh mobil itu untuk minggir ke sisi yang kosong / sisi paling pinggir. Cara ini tidak bisa dilakukan jika ada motor lagi yang berada di tengah-tengah mobil juga dan ada motor / beberapa yang mengurangi lebar jalan sehingga kita tidak bisa melakukan space trick ini.

Jika mobil yang sealur dengan kita agak ke tengah, bahkan hampir nyerempet mobil yang di alur lainnya, kita ke arah paling pinggir di alur kita, misalnya di alur kiri, karena di alur paling pinggir itu pasti ada yang kosong jika lebar jalannya cukup. Apakah anda paham? Jika belum, dipersilahkan bertanya! Haha.

2) Kepraktisan
trick ini dipakai fleksibel di berbagai kondisi. Anda jangan tetap di sisi kanan karena anda suka di sana dan berbagai halangan anda pun akan hadapi. Misalnya ada sisi yang kosong, anda langsung mengarah ke sana jika anda melihat prospek yang bagus buat ngelos-ngelos ke depannya. Jangan ragu-ragu! Misalnya anda melihat prospek yang bagus dengan mengorbankan misalnya ngerem dikit jika anda terlanjur ke depan dan di sebelah anda ada motor yang sejajar dengan anda. Rem dikit untuk agak mundur kemudian jika ada alur yang bagus di alur jalan kanan, anda langsung gas ke depan untuk mengalir lagi. Double rem selalu siap dan anda pakai untuk kepraktisan.Jika rem anda blong, silahkan ganti karena tidak praktis. Jika ada sisi luas di kiri yang jalan baru, y anda ke sana saja untuk kepraktisan karena anda jadi tidak terhalang bukan? Praktis pun mesti melihat aturan juga dengan mengikuti rambu-rambu jalan. Intinya praktis deh, jangan repot-repot, jika ada peluang langsung raih!

Demikian artikel ini dan terima kasih sudah membaca!!! Saya senang deh sudah dibaca artikel saya! Hehe. Jika ada komentar tentang pertanyaan, saran, kritik, kerja sama, dsb. Silahkan komentar y!

Wallahu a’lam bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar